Minggu, 17 Desember 2017

PENGERTIAN DAN CONTOH ANALISIS SWOT PADA PERUSAHAAN

Analisis SWOT pada perusahaan. Apakah Anda pernah mendengar istilah analisis SWOT? Apa sih analisis SWOT pada perusahaan? SWOT merupakan singkatan dari Strength, Weakness, Opportunities dan Threats. Apabila di artikan lebih detail lagi, Analisis SWOT adalah teknik dalam melakukan perencanaan suatu strategi yang dapat di gunakan dalam melakukan evaluasi seperti kekuatan (strength) dan kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang terdapat pada suatu perusahaan, baik perusahaan yang saat ini sudah berjalan maupun perusahaan baru. Namun selain digunakan pada perusahaan atau urusan bisnis, analisis SWOT juga dapat digunakan kepada diri kita sendiri untuk mengembangkan karir Anda.
Analisis SWOT pada perusahaan
Analisis SWOT pada perusahaan
Via: Iqbalnurhadi
Pada mulanya, analisis SWOT pertama kali di perkenalkan pada tahun 1960 –an oleh Albert S Humphrey ketika sedang memimpin proyek riset di Standford Research Institute yang memanfaatkan data dari perusahaan Fortune 500.

Komponen Dasar pada Analisis SWOT

Terdapat empat komponen dasar pada analisis swot, yaitu:
Strength (S) atau kekuatan. Komponen ini merupakan karakteristik dari suatu perusahaan maupun organisasi yang dapat memberikan keuntungan atau kelebihan dibandingkan dengan yang lainnya.
Weakness (W) atau kelemahan. Komponen ini merupakan karakteristik yang berhubungan dengan kelemahan yang ada pada perusahaan maupun organisasi dibandingkan dengan yang lainnya.
Opportunities (O) atau peluang. Komponen ini merupakan peluang-peluang apa saja yang dapat di manfaatkan untuk organisasi maupun perusahaan Anda agar bisa berkembang di kemudian hari.
Threats (T) atau ancaman. Komponen ini merupakan ancaman-ancaman apa saja yang mungkin akan dihadapi pada organisasi maupun perusahaa yang bisa menghambat laju perkembangan dari organisasi ataupun perusahaan tersebut.
Berdasarkan empat komponen dasar yang telah dijelaskan maka analisis SWOT dapat dibagi menjadi dua factor yaitu factor internal organisasi atau perusahaan dan factor eksternal organisasi atau perusahaan. Factor internal tersebut meliputi Strength (Kekuatan) dan Weakness (Kelemahan), sedangkan factor eksternal meliputi Opportunities (Peluang) dan Threats (Ancaman). Maka dari itu biasanya analisis SWOT juga biasa disebut sebagai analisis internal – eksternal atau internal – eksternal analisis, dan matriks dari SWOT juga dikenal sebagai Matrix IE atau IE Matrix.

Cara Menggunakan Analisis SWOT

Pada saat ingin melakukan Analisis SWOT pada perusahaan, hal yang perlu dilakukan sebelumnya adalah membuat beberapa pertanyaan dan menjawabnya sendiri berdasarkan keadaan yang sesuai pada organisasi maupun perusahaan Anda. Contoh dari pertanyaannya sebagai berikut:
Strength atau Kekuatan
1.       Apa kelebihan yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan Anda?
2.       Apa yang dapat membuat organisasi atau perusahaan Anda agar lebih baik dari organisasi atau perusahaan yang lainnya?
3.       Apa keunikan yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan Anda?
4.       Hal apa yang dapat menyebabkan organisasi atau perusahaan Anda mendapatkan penjualan?
5.       Apa kelebihan yang dilihat maupun dirasakan oleh konsumen dari perusahaan Anda?
Weakness atau Kelemahan
1.       Hal apa yang dapat ditingkatkan pada organisasi atau perusahaan Anda?
2.       Hal apa yang harus di hindari oleh organisasi atau perusahaan Anda?
3.       Factor apa saja kah yang dapat menyebabkan kehilangan penjualan pada perusahaan Anda?
4.       Apa kelemahan yang dilihat maupun dirasakan oleh konsumen dari perusahaan Anda?
5.       Apa yang telah dilakukan oleh pesaing-pesaing perusahaan Anda sehingga perusahaan mereka lebih baik dari perusahaan Anda?
Opportunities atau Peluang
1.       Kesempatan apa saja kah yang dapat Anda lihat?
2.       Trend apa saja yang saat ini sedang berlangsung dan sesuai dengan usaha Anda?



Threats atau Ancaman
1.       Apa hambatan yang saat ini sedang di hadapi?
2.       Hal apa yang telah dilakukan oleh pesaing bisnis Anda?
3.       Perkembangan apa yang dapat menjadi ancaman untuk organisasi atau perusahaan Anda?
4.       Apakah ada perubahan dari pemerintah yang dapat mengancam perkembangan bisnis Anda?

Faktor yang Mempengaruhi Analisis SWOT

Tentunya pada saat Anda menyusun suatu strategi menggunakan analisis SWOT maka akan terdapat factor yang mempengaruhinya, berikut factor-faktor yang mungkin dapat mempengaruhi keempat komponen dasar pada analisis SWOT:
Faktor Internal (S & W)
·         Pengalaman organisasi baik yang berhasil maupun gagal
·         Finansial pada organisasi
·         Sumber daya yang dimiliki oleh organisasi
·         Kelebihan maupun kelemahan dari organisasi

Faktor Eksternal (O & T)
·         Lingkungan
·         Peraturan pemerintah
·         Peristiwa yang terjadi
·         Trend
·         Budaya, ideology, sosial politik, perekonomian
·         Perkembangan teknologi
·         Sumber permodalan

Contoh Analisis SWOT
Selanjutnya akan Saya berikan contoh analisis SWOT dari suatu perusahaan:
Strength atau Kekuatan
1.       Perusahaan kami memiliki reputasi yang baik di bidang yang kami tekuni
2.       Perusahaan kami sangat fleksibel dalam menangani kasus dan permintaan dari pelanggan
3.       Perusahaan kami sangat memperhatikan semua permintaan serta kebutuhan pelanggan
4.       Perusahaan kami memiliki biaya overhead yang rendah, maka biaya yang kami tawarkan tentunya lebih baik dari yang lain
5.       Perusahaan kami dapat memberikan respon yang cepat untuk tiap-tiap permintaan pelanggan tanpa harus melalui alur birokrasi yang panjang
Weakness atau Kelemahan
1.       Rendahnya kemampuan yang dimiliki karyawan pada perusahaan kami dalam bidang-bidang tertentu
2.       Permodalan yang masih terbatas
3.       Tidak lancarnya arus kas perusahaan
4.       Lokasi kurang strategis





Opportunities atau Peluang
1.       Adanya dukungan dari pemerintah bagi perusahaan local seperti kami
2.       Sekto yang kami tekuni mengalami kenaikan




Threats atau Ancaman
1.       Kurangnya minat perbankan untuk membiayai industry yang sedang kami tekuni
2.       Perubahan strategi dari pesaing sehingga mengancam posisi kami di pasaran
3.       Perkembangan teknologi diluar kemampuan perusahaan kami yang terlalu cepat di pasaran, sehingga mengakibatkan perusahaan kami terlambat dalam mengadopsinya
















Daftar Pustaka :

https://zahiraccounting.com/id/blog/analisis-swot-pada-perusahaan/

























































































Tidak ada komentar:
Write komentar